Posted by : lita fr. November 30, 2011


-->
Bagi Anda yang sudah lama banget menggunakan Ubuntu, tiba-tiba kangen dengan aplikasi-aplikasi yang ada pada Windows, tapi ingin menggunakannya di Ubuntu, mungkin postingan ini boleh Anda baca-baca :)

Untuk menginstall program Windows pada Ubuntu tidak semudah menginstall program Windows pada Windows sendiri, yang hanya perlu mengklik dua kali program yang diinginkan. Untuk menginstall program tersebut pada Ubuntu diperlukan bantuan WINE.

Apa itu WINE?

WINE, yang kepanjangannya Wine Is Not Emulator, adalah sebuah aplikasi yang mirip dengan emulator, meski kepanjangan WINE sendiri menegaskan bahwa ia bukanlah sebuah emulator. Unik memang :D

Gak usah basa-basi lagi, langsung cekidot aja deh...

Cara menginstall WINE:
  1. WINE sudah tersedia di repositories Ubuntu Anda, tapi bukan versi terbaru. Untuk mendapatkannya, tambahkan ppa-nya dahulu pada Software Sources: ppa:Ubuntu-wine/ppa
  2. Tutup Software Sources, kemudian pilih Reload untuk meng-update repositories list. Bisa juga dengan mengetikkan perintah sudo apt-get update nanti pada terminal.
  3. Install WINE dengan menggunakan perintah sudo apt-get install wine
  4. Setelah terinstall, WINE dapat diakses melalui menu Application Wine
Sekarang giiran install program Windows-nya:
  1. Cari dan pilih program Windows yang ingin Anda install
  2. Pada program tersebut klik kanan dan pilih Open With Wine Windows Program Loader
  3. Tinggal Anda install seperti halnya Anda menginstall program tersebut di Windows
  4. Selesai
Selamat mencoba!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

loading...

Follow by Email

Powered by Blogger.

- Copyright © catatan kecil - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -