Posted by : lita fr. November 18, 2010

Yo! Kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang cara mengembalikan data yang hilang akibat mati lampu atau habis baterai (pada laptop). Ini hanya berlaku pada software yang saya pakai, kalau software yang lain saya belum pernah coba.

Sudah hampir 5 tahun saya menggunakan folder encryption buatan kakasoft. Selama itu masih enak-enak aja. Kemudian masalah muncul (kira-kira 1 bulan yang lalu).

Ketika itu saya sedang asyik mendengarkan lagu sambil bermain game, lupa kalau baterainya tinggal setengah. Karena lagu-lagu saya simpan di folder yang saya beri encryption, jadi kalau mau mendengarkannya folder tersebut harus di-decrypt dulu. Tidak lama kemudian, baterainya habis dan otomatis laptop yang saya pakai mati.

Setelah mencolokkan charger, laptop saya hidupkan kembali. Folder yang saya decrypt tadi secara sendirinya kembali terkunci. Tanpa saya decrypt lagi, saya langsung buka CCleaner dan menghapus registry yang menjadi masalah ketika laptop mati, tanpa saya backup dulu.

Selesai dibersihkan, saya coba buka lagi folder encryption tadi. Tapi tidak terbuka, padahal password yang saya masukkan sudah benar. Saya coba berkali-kali, tetap saja tidak mau. Saya coba cari di internet cara buka folder encryption buatan kakasoft. Ada, tapi bisa dibuka asalkan sebelumnya kita bayar dulu software tersebut. Karena saya tidak daftar, jadi tidak bisa dibuka.

Lalu saya coba cari lagi cara-cara lainnya di internet, yang muncul malah artikel untuk folder encryption yang bukan buatan kakasoft. Saya cari lagi yang berujung pada saya mengirim e-mail ke kakasoft, minta bantuan pada pembuatnya.

Esoknya, belum ada e-mail balasan dari kakasoft. Hampir saja saya menyerah. Karena saya belum rela data-data saya yang penting hilang, saya coba cara terakhir yang tiba-tiba muncul di kepala.

Jika kalian mengalami hal serupa, lakukan langkah-langkah berikut:
1. My Computer -> Tools -> Folder Option -> View -> pada Hide files and folders centang Show hidden files and folders -> hilangkan centang pada Hide extensions for known file types dan Hide protected operating system files (Recommended) -> Ok
2. Buka disk yang terdapat folder yang terenkripsi tadi
3. Buka folder Thumbs.dn -> buka folder yang namanya paling panjang (hanya ada 2 folder di situ) -> kemudian buka folder LastF

Ketemu kan? Kalau engga ketemu, saya engga tahu lagi.
Ingat! Langkah-langkah di atas hanya berlaku untuk folder encryption buatan KAKASOFT!

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. thanks bangeet yaa infonya :)) sekarang folderku sudah bisa di buka

    ReplyDelete

loading...

Follow by Email

Powered by Blogger.

- Copyright © catatan kecil - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -