Posted by : lita fr. November 20, 2011

Baru kemarin malam saya resmi pacaran dengan anak Ubuntu yang ke 11.10, Oneiric Ocelot. Saya jatuh cinta karena wajahnya yang lebih segar dari saudara-saudaranya yang terdahulu.

gambar desktop-nya sudah saya ganti
Kemudian saya cari di berbagai web dan blog. Ada yang membahas tentang cara mengganti logon screen Ubuntu 11.10 yang lebih gampang ketimbang mengganti logon screen Ubuntu versi sebelumnya. Karena itu juga saya rela memutuskan hubungan dengan Ubuntu 10.04 yang sudah saya sihir sekeren mungkin (pokoknya saya sreg banget dengan dia). Tapi, apa boleh buat, Oneiric Ocelot sungguh sangat menggoda dan saya gak kuat dengan godaannya! #plak

Gambar-gambar di bawah ini bukan milik saya.

Setelah saya baca artikel mereka dan lihat logon screen hasil sulapan LightDMManager, saya jadi pengen coba. Awalnya saya ragu, karena sayang mau mutusin yang lama, selain itu juga saya cape dan kasian dengan harddisk laptop saya kalau diinstal ulang terus.

Tapi, saya gak tahan dengan godaannya! Akhirnya (setelah selesai menginstal Ubuntu 11.10) saya coba ganti logon screen-nya dengan LightDMManager dan hasilnya... MENGEJUTKAN! SAYA BENAR-BENAR TERKEJUT.

LIGHTDM-NYA ENGGA BERHASIL. SAYA COBA 5 KALI, LOGON SCREEN SAYA JADI HITAM DENGAN BINTIK-BINTIK PUTIH.

Saya kesaaaaaaaaaaaaaaaal banget! Trus saya baca lagi artikel tersebut, katanya kalau mau ganti ke default logon screen, harus pilih manual gambarnya. Saya coba deh. Dan hasilnya...

Tetap. Hitam. Bintik. Bintik.

Itu masalah pertama.

Yang kedua, loadingnya lama. Ok lah ini bukan masalah yang terlalu serius, sebab spek laptop saya kurang mendukung, umurnya lumayan tua, dan ada 2 os di dalamnya. Kalau laptop dengan spek yang lebih tinggi, pasti loading-nya lebih cepat. Kalian bisa mengatasi hal itu.

Yang ketiga, entah telinga saya yang sudah lama engga digali emasnya, atau emang suara laptopnya yang kurang nyaring. Soalnya di Ubuntu 10.04 milik saya sebelumnya, waktu dengar lagu dengan volume setengah aja udah nyaring, tapi Ubuntu 11.10 ini menurut saya kurang. Ok bukan masalah terlalu serius.

Saya orangnya sangat mempedulikan penampilan sistem operasi yang saya gunakan. Jadi, masalah yang keempat adalah (selain soal logon screen yang engga bisa kembali ke default) background grub-loadernya engga bisa diganti! Dulu waktu masih pake yang 10.04 background grub-loader saya gambar penguin-penguin yang lucuuuu~ SEKARANG GAK ADAAAA!!

Saya nyesal mutusin Ubuntu 10.04 saya T________T

Eits! Tapi, jangan sampai empat masalah milik saya di atas mengurungkan niat Anda untuk berpacaran dengan Ubuntu 11.10 ini :) 

It's still awesome! Believe me! Try it!

Dan bagi Anda yang mau ganti logon screen-nya, selain menggunakan LightDMManager bisa juga menggunakan Ubuntu Tweak. Nanti akan saya buat aritkelnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

- Copyright © catatan kecil - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -