Posted by : lita fr. August 11, 2017

Image result for browsing

Teman-teman pasti sering dong browsing dengan PC maupun laptop? Kegiatan ini biasanya kita lakukan untuk mencari informasi, bertransaksi, mencari bahan untuk mengerjakan tugas, atau hanya sekedar membunuh waktu. Atau teman-teman melakukan yang lebih 'ekstrim' dari itu? Woah..semoga tidak ya hehe.

Nah, berbicara tentang browsing, saya mau berbagi informasi mengenai shortcut penting saat berselancar di dunia maya, khususnya bagi teman-teman yang menggunakan PC atau laptop. Shortcut digunakan untuk mempercepat kegiatan kita, yaitu dengan menekan dua atau tiga tombol kombinasi yang ada pada keyboard. Jika kita hafal dengan tombol kombinasinya, kita tidak perlu repot-repot menggerakkan kursor ke sana-sini. Selain mempercepat, bisa buat pamer nih biar kelihatan keren aja hehe..

Berikut shortcut penting saat browsing dan yang sering saya gunakan juga:
1. "www." dan ".com" Otomatis
Biasanya saat ingin membuka sebuah situs, kita harus mengetikkan alamat situs tersebut, misalnya "www.facebook.com" kemudian Enter. Sebenarnya, tanpa mengetikkan "www." dan langsung "facebook.com" kita sudah bisa masuk ke situs Facebook. Tapi bagaimana kalau kita ketikkan "facebook" saja dan langsung masuk ke Facebook? Tanpa ".com" di belakangnya, bagaimanakah caranya?

Nah, teman-teman perlu tahu yang ini. Caranya adalah setelah mengetik "facebook" di address bar, kita langsung tekan CTRL + ENTER bersamaan, maka "www." dan ".com" akan langsung muncul. Jika yang diperlukan adalah ".net", maka tekan CTRL + SHIFT + ENTER bersamaan.

Memang sih mengetik tiga huruf di belakang berserta satu titik saja bukan hal yang sulit dan tidak memakan waktu yang sangat lama, tapi kan bisa buat keren-kerenan hehe..

2. Jalan Pintas Menuju Address Bar
Sebelum mengetikkan alamat situs, kita hendaknya menuju address bar tempat untuk mengetikkan alamat situs yang dikehendaki. Biasanya kita menggerakkan kursor ke kotak panjang di bagian atas browser. Untuk lebih cepatnya, kita tinggal menekan tombol F6, CTRL + L, atau ALT + D saja.

3. Refresh Halaman
Saat browsing terkadang halaman situs tidak muncul sepenuhnya, berantakan, atau tampilannya tidak enak dilihat dikarenakan koneksi internet yang lambat. Untuk itu kita perlu memuat ulang halaman atau bahasa kerennya refresh halaman.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan:
a) Menekan tombol pada kiri atas browser
b) Tekan CTRL + R
c) Tekan F5

Nah, mana yang lebih cepat?

4. Berpindah Halaman / Tab
Ini wajib banget diingat bagi yang suka ngumpulin tab alias buka banyak halaman dari satu situs maupun banyak situs. Cukup tekan CTRL + TAB atau CTRL + PGDN untuk buka halaman tab sebelah kanan, atau CTRL + PGUP untuk buka halaman tab sebelah kiri.

Selain itu, masih ada satu cara lagi: CTRL + angka 1-9. Misalnya, teman-teman buka halaman sampai 5 dan sedang berada di halaman kedua ingin ke halaman terakhir. Bisa pakai dua cara di atas atau cukup dengan menekan tombol CTRL + 5 maka halaman kelima akan terbuka. Tapi cara ini hanya sampai halaman kesembilan saja.

5. Membuka Halaman Baru
Ada tombol di samping halaman terakhir yang bisa kita tekan untuk memunculkan halaman kosong baru. Namun cara ini memakan waktu sedikit untuk menggerakkan kursor. Cukup dengan shortcut CTRL + T maka halaman baru akan terbuka.

6. Menutup Halaman
Orang normal menutup tab biasanya dengan menekan tombol "x" yang ada pada tab tersebut, namun orang di atas normal menggunakan CTRL + W untuk melakukannya hehe..

7. Mengembalikan Tab Yang Tertutup
Jika kita tidak sengaja menutup sebuah tab dan ingin menghidupkannya kembali, caranya tinggal menekan CTRL + SHIFT + T saja. Namun ini hanya berlaku untuk tab yang barusan tertutup, bukan yang sebelumnya atau bahkan jauh sebelumnya.

Nah, demikianlah shortcut yang wajib teman-teman ingat dan itu pula yang sering saya gunakan ketika berjelajah di dunia maya. Sebenarnya masih banyak lagi sih, misalnya CTRL + J untuk membuka halaman download, CTRL + E untuk melakukan pencarian di mesin pencari, CTRL + SHIFT + N untuk incognito mode supaya yang kita jelajahi tidak tertinggal di history browser, CTRL + D untuk bookmark, dan lainnya. Yang saya bagikan di atas adalah yang paling sering digunakan, namun jika teman-teman penasaran dengan shortcut yang lainnya, tinggal cari tahu sendiri dengan menekan sembarang tombol dan lihat hasilnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

loading...

Follow by Email

Powered by Blogger.

- Copyright © catatan kecil - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -