Posted by : lita fr. August 09, 2017


Pixel Dungeon merupakan permainan dengan tampilan yang sederhana namun sangat tidak membosankan. Tergolong game yang gampang-gampang-susah tapi susah-susah-gampang juga. Wait..what? Intinya adalah game ini bagi saya sangat menantang dan worth my time. Dijamin tidak bakalan menyesal mainnya.


Game buatan Watabou ini memiliki empat karakter yang dapat kita perankan. Namun, jika  kita pertama kali men-download game ini, kita hanya dapat memilih satu dari tiga saja yaitu WARRIOR, MAGE, dan ROGUE. Sedangkan untuk HUNTRESS  dapat diperankan apabila kita sudah menamatkan game ini satu kali dengan salah satu dari tiga karakter yang ada tadi.

Di tengah pilihan karakter ada icon piala, seperti gambar di atas, merupakan challenge yang dapat kita pilih sesuai kemampuan kita memainkan permainan ini. Tujuan dari challenge sendiri agar game ini semakin menantang dan bikin gregetan jika kita game over di tengah jalan.


Setelah memilih karakter, kita akan masuk ke dalam dungeon untuk memulai petualangan. Pada layar terdapat banyak pilihan dan juga informasi mengenai karakter maupun apa yang terjadi di sekitarnya.

Pada pojok kiri atas, gambar karakter yang jika disentuh akan menampilkan informasi lengkap mengenai karakter yang kita mainkan. Di sampingnya merupakan HP dari karakter yang akan berkurang jika terkena serangan musuh. Angka di bawah gambar karakter merupakan level, jadi akan bertambah seiring bertambahnya Experience dalam jumlah tertentu. Level ini juga dapat ditingkatkan secara instan apabila karakter meminum Potion of Experience. Kendalanya adalah nama potion, setelah ini saya sebut jamu saja hehe, tidak ditampilkan maka kita harus mencobanya satu per satu. Jika beruntung, kita akan mendapatkan jamu yang kita mau, namun apabila tidak karakter yang kita mainkan mungkin akan keracunan, terluka, bahkan game over akibatnya.

Pada pojok kanan atas, terdapat angka yang menunjukkan level dungeon, di sampingnya merupakan jumlah kunci untuk membuka pintu maupun peti, dan di sampingnya lagi merupakan dropdown yang terdapat beberapa pilihan termasuk untuk keluar dari game.

Jika musuh berada di dekat kita, akan muncul icon di pojok kanan atas yang menunjukkan jumlah musuh. Kemudian muncul juga icon musuh pada pojok kanan bawah (bisa juga sebuah item yang dapat kita ambil). Perhatikan gambar di bawah ini.



Di bagian kiri bawah, akan ada kalimat yang selalu berubah sesuai dengan apa yang terjadi pada karakter maupun lingkungan sekitar. Di bawahnya terdapat tiga buah icon: waktu, kaca pembesar untuk mencari pintu rahasia, dan tanda tanya yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi mengenai musuh, item, dan lainnya.

Dua icon di bagian kanan bawah yaitu ransel yang digunakan untuk menyimpan senjata, armor, aksesoris, dan items. Di sampingnya merupakan senjata kedua atau cadangan, dapat berupa anak panah maupun tongkat sihir. Namun, bisa juga diganti dengan item.


Isi ransel seperti gambar di atas. Senjata, pakaian, dan aksesoris dapat ditingkatkan kualitasnya untuk mempermudah melawan musuh. Slot aksesoris ada dua dan aksesoris pada game ini hanya sebuah cincin.

Pada baris kedua kolom keempat, merupakan scroll atau gulungan yang ketika dibaca akan membawa dampak positif maupun negatif bagi karakter, dan sama seperti potion nama gulungan disamarkan jika belum pernah dibaca.

Selama permainan, karakter akan merasa lapar hingga kelaparan. Jika karakter kelaparan, HP akan berkurang sedikit semi sedikit hingga akhirnya mati. Untuk mencegahnya, karakter perlu makan roti, seperti yang ada di kolom ketiga baris ketiga.

Nah, di samping kanan roti ada daging mentah. Bisa dimakan? Bisaaaa...tapi nanti keracunan. Agar tidak membahayakan karakter, daging tersebut perlu dibakar dulu. Caranya gimana? Sobat main aja deh, kalau saya kasih tahu nantinya tidak seru lagi hehe. Tapi intinya hanyalah satu: api.



Pada gambar di atas, kita dihadapkan dengan dua musuh, satunya lagi menyerang dan satunya lagi sedang tidur. Jika terlalu berisik, musuh yang tertidur akan bangun dan menyerang. Namun, jika kita dapat membasmi musuh yang tidak tertidur dengan tidak membangunkan yang sedang tidur, akan memberikan keuntungan kepada kita. Misalnya, menyerang musuh yang tidur akan melukainya lebih parah, atau bisa saja kita kabur hehe.



Nah, loh, game over... -___-



Ini yang saya suka, mengumpulkan badge. Gak dapat apa-apa sih setelah terkumpul dan tidak mempengaruhi permainan, hanya dapat sebuah kebanggaan saja hehe. Badge tersebut akan terkumpul sendiri jika kita melakukan sesuatu yang diinginkan oleh pembuatnya. Misalnya seperti gambar di atas, 250 enemies slain, kita harus membasmi 250 musuh selama permainan berlangsung. Atau ada juga yang mengharuskan kita mati kalaparan. Kejam, kan?

Gimana sobat reviewer? Penasaran? Pengen coba? Segera download dan mainkan...!!

Bagi yang sudah coba, boleh dong bagi pengalaman gimana rasanya mainin game ini hehe...

Segini saja review dari saya untuk Pixel Dungeon, jika ada yang ingin menambahkan silakan.

Sampai jumpa!

Salam olahraga!

{ 1 komentar... read them below or add one }

Powered by Blogger.

- Copyright © catatan kecil - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -