Posted by : lita fr. April 20, 2013

Kali ini saya ingin membahas tentang kecantikan, tapi bukan kecantikan pada wajah manusia atau gorila, melainkan kecantikan 'wajah' sebuah software, yaitu Kingsoft Antivirus 2012 (bagi kalian yang tahu tentang Kingsoft Office pasti tahu juga dong Kingsoft Antivirus?). Yah memang sekarang tahun 2013, tapi bukan berarti antivirus ini sudah tidak up-to-date lagi melainkan memang versinya itu :)

Kenapa saya katakan cantik? Yaah, karena memang cantik hahaha. Ok deh, lihat saja tampilan awal saat pertama membuka antivirus tersebut, lihat gambar di atas sana. Desain yang cukup minimalis, sederhana tapi tetap keren, mudah digunakan, gak banyak tetek bengek. Fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dengan antivirus yang lainnya. Perbedaan yang paling menonjol adalah antivirus ini lebih ringan dan bisa beroperasi bersamaan dengan antivirus buatan luar negri lainnya. Yang saya maksud dengan beroperasi bersamaan adalah menginstall dua antivirus luar negri dalam satu PC, misalnya Avira dengan Kingsoft Antivirus. (Kalau Avira dengan AVG atau yang lainnya, biasanya sih bentrok dan PC / laptop jadi lelet)

Selain fungsinya sebagai antivirus, Kingsoft Antivirus juga bisa difungsikan sebagai utiliti yang dapat membantu meningkatkan performa PC / laptop, meskipun tidak terlalu komplit seperti yang ditawarkan utiliti yang lain tapi kan setidaknya hehe. Lihat gambar di bawah ini...

Antivirus ini bener-bener ringan dan cara installnya mudah banget, proses installasinya pun engga lama.

Hanya dengan satu kali klik, antivirus langsung terinstall

Loadingnya baguuuss :D

Stand by di tray

Setelah terinstall, dia akan langsung scan laptop (tanpa diketahui). Jika laptop kita ada masalah, langsung muncul pemberitahuan, seperti yang terjadi pada laptop saya.. Yah memang laptop saya banyak masalah, mirip dengan pemiliknya.

Kalau ingin scan secara manual juga bisa. (ya iya dong, masa gak bisa..)

Antivirus ini juga memiliki fitur-fitur yang jarang sekali saya temukan di antivirus gratisan lainnya, seperti Anti Hacker, scan USB, web protection, download shield, dan lainnya. 


Tingkat kepekaannya terhadap virus lebih baik dari A*ira, sebab waktu saya coba scan laptop saya secara keseluruhan dengan A*ira, tidak satu viruspun terdeteksi, tapi waktu saya scan menyeluruh dengan antivirus ini virusnya terdeteksi, dan virus tersebut sama dengan virus yang terdeteksi waktu saya coba scan menggunakan Emsisoft Anti Malware.
Tidak hanya laptop yang discan, flashdisk yang dicolok juga langsung discan, serta ada pilihan untuk safety remove USB di antivirus ini. Pokoknya top deh.

Gambar yang muncul saat uninstall Kingsoft Antivirus. Lucuuuuuuu... Jadi sedikit gak tega mau uninstallnya hahaha.

Nah, kalian tertarik untuk kenalan dengan antivirus ini? Silakan download di sini [ password : liitea ] atau di tempat lainnya.

Sebenarnya saya cukup puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan, tapi yang namanya buatan manusia pasti tetap ada kelebihan dan kekurangannya. Masalah yang saya hadapi sih cuma satu, tapi cukup mengganggu aktivitas sehari-hari saya dengan laptop.
Setelah saya install, awalnya lancar-lancar saja sampai saya restart laptop kemudian terasa lelet sedikit, meskipun antivirus yang terinstall cuma antivirus ini saja. Saya tidak tahu kenapa bisa begitu, tapi saya pikir mungkin ini dipengaruhi oleh laptop saya sendiri yang usianya sudah tua. 
Nah, bagi kalian yang sudah menginstallnya, apakah laptop kalian juga terasa lelet atau lancar saja? Minta bagi pengalaman kalian dong :D

{ 2 komentar... read them below or Comment }

Powered by Blogger.

- Copyright © catatan kecil - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -